• HALMAHERA TIMUR, MALUKU UTARA

Kunjungan Kadis DKP Haltim Ke Pelaku Usaha Perikanan di Kecamatan Wasile

DKPHT.go.id- Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Halmahera Timur Hadijah Talib, SP., M.Si dalam rangka memberikan pembinaan kepada pelaku usaha melakukan kunjungan dan bertemu dengan beberapa pelaku usaha perikanan di Kecamatan Wasile (03/08/ 2022).

Dalam kesempatan tersebut disampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan usaha perikanan. Khususnya usaha penangkapan, penampungan cumi dan ikan teri yang tidak terdata di DKP Haltim dan ketika dikirim keluar daerah Maluku Utara, melalui izin dari DKP Kota Ternate.

Dikatakan Ibu Kadis KP Haltim, selama ini hasil yang dikirim keluar dari Maluku Utara itu pengurusan izinnya tidak dilakukan di Kabupaten Halmahera Timur, tetapi di Kota Ternate. “Hasil perikanan yang berasal dari Kabupaten Halmahera Timur di tampung dan di kemas di Kota Ternate baru dikrim keluar melalui izin DKP Kota Ternate”.

Sehingga hasil produksi perikanan Haltim tidak terdata dengan baik. dan juga para pelaku usaha pun tidak melaporkan hasil tangkapan dan olahannya ke DKP Haltim, kami sedikit kesulitan dalam memperbaharui data produksi perikanan yang dilakukan setiap tiga bulan sekali ujar Ibu Kadis.

Salah satu pelaku usaha perikanan yang ditemui Mursid Abu mengatakan, memang selama ini jarang menyampaikan laporan produksi perikanan ke DKP Haltim, hal ini lebih dikarenakan para pembeli selalu mendatangi mereka dan melakukan transaksi jual beli ditempat. “insyAllah kedepannya kami akan lebih siap dalam menyampaikan laporan produksi perikanan, dan kami berupaya menyampaikan secara triwulan ujarnya”.

Selain itu pertemuan juga membahas mengenai rencana DKP Haltim meluncurkan merek produk ( branding ) yang diberi nama CUTE (cumi-teri) Haltim, agar produk perikanan Kabupaten Halmahera Timur memiliki identitas yang dikenal luas. Kadis KP Haltim mengharapkan “para pelalu usaha untuk bersama-sama mendukung branding ini sebagai identitas produk perikanan Kabupaten Halmahera Timur, dengan mengemas produk perikanannya dengan merek Cute Haltim”.

Ibu Kadis DKP Haltim juga mengingatkan para pelaku usaha, untuk menjaga kualitas produk yang dipasarkan, karena khususnya ikan teri dari Haltim dikenal dengan kualitas sangat baik. “tetap jaga kualitas cumi dan ikan teri, yang selama ini dikenal sangat bersih dan enak rasanya.( dkp / cute )

DKP Haltimkab
150