• HALMAHERA TIMUR, MALUKU UTARA

Kepala DKP Haltim Tinjau Kondisi Nelayan di Desa Tutuling Jaya

Pertemuan Kepala DKP Haltim dengan Kelompok Nelayan Desa Tutuling Jaya dan Desa Woka jaya

Pertemuan Kepala DKP Haltim dengan Kelompok Nelayan Desa Tutuling Jaya dan Desa Woka jaya

Tutuling Jaya - Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) Hadijah Talib, SP., M.si bersama anggota Komisi II DPRD  Haltim melakukan kunjungan ke kelompok nelayan di Desa Tutuling Jaya. Kunjungan ini juga didampingi oleh para penyuluh perikanan yang ada di Kecamatan Wasile dan Wasile Timur (Minggu,17 September 2023).

Selama kunjungan tersebut, Kadis DKP berinteraksi langsung dengan para nelayan yang tersebar di Desa Tutuling Jaya, Desa Woka Jaya, dan Desa Toboino. Dalam pertemuan yang berlangsung penuh antusiasme, nelayan menyampaikan beberapa permintaan penting:

Pengembangan Perikanan di Kecamatan Wasile Timur: Nelayan mengharapkan adanya program pengembangan perikanan yang dapat meningkatkan hasil tangkapan mereka.

Pembangunan Jembatan Pendaratan Ikan: Untuk mempermudah proses pendaratan hasil tangkapan, meningkatkan efisiensi, dan meminimalkan risiko bagi nelayan.

Penambahan Armada Tangkap: Nelayan menginginkan penambahan armada tangkap dengan kapasitas sekitar 2 Gross Tonnage (GT) guna memperluas area penangkapan ikan.

Sarana Pengolahan Ikan (Tempat Penjemuran Ikan): Menyediakan fasilitas yang memadai untuk proses pengolahan ikan, termasuk tempat penjemuran.

Bantuan Cool Box: Nelayan berharap mendapatkan bantuan cool box guna menjaga kesegaran hasil tangkapan sebelum dipasarkan.

Pemberdayaan Istri-Istri Nelayan: Terdapat usulan untuk memberikan pelatihan dan bantuan dalam meningkatkan keterampilan istri-istri nelayan dalam membuat ikan asin. Hal ini dianggap dapat meningkatkan nilai tambah dari hasil tangkapan yang tidak terjual habis.

Kadis DKP dan anggota Komisi II DPRD Haltim berjanji untuk mempertimbangkan dan melakukan langkah-langkah yang tepat dalam menanggapi permintaan tersebut. Kunjungan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam memperbaiki kondisi dan kesejahteraan para nelayan di Kecamatan Wasile Timur.(dkpht_admin)

DKP Haltimkab
198