• HALMAHERA TIMUR, MALUKU UTARA

KEGIATAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BIDANG PRODUK OLAHAN PERIKANAN

Maba - Dalam rangka mendorong dan meningkatkan daya saing produk kelautan dan perikanan, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Halmahera Timur Tahun 2023 ini menginisiasi serangkaian kegiatan pemberdayaan masyarakat Bidang Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan. Kegiatan ini mencakup rehabilitasi 5 (lima) bangunan Unit Pengolahan Ikan (UPI) yang tersebar di 4 (empat) Kecamatan, yakni Kecamatan Maba Selatan (Desa Momole UPI pengasapan ikan julung-julung), Kecamatan Maba Utara (Desa Lolasita, dan Desa Wasileo UPI pengasapan ikan julung-julung), Kecamatan Wasile Timur (Desa Akedaga, UPI keripik ikan tenggiri), dan Kecamatan Wasile Selatan (Desa Talaga Jaya, UPI kerupuk cumi).

Kepala Bidang PDSPKP Salam Yakub, S.Pi mengatakan bantuan ini untuk meningkatkan infrastruktur pengolahan ikan, sehingga dapat meningkatkan kualitas dan daya saing produk perikanan secara regional dan nasional. “Dengan adanya rehabilitasi bangunan UPI ini, diharapkan para pengolah dan pemasar dapat bekerja lebih efisien dan menghasilkan produk berkualitas tinggi”.

Ibu Salam bilang Rehabilitasi UPI ini bagi 5 (lima) Pengolah dan Pemasar Ikan (Poklahsar) dan rehabilitasi bangunan UPI bersumber dari Anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2023.

Pembina Mutu Hasil Kelautan dan Perikanan Malik Ibrahim, S.Pi menambahkan, tujuan dari bantuan UPI ini selain dari peningkatan infrastruktur pengolahan ikan, juga dapat meningkatkan kualitas dan daya saing produk perikanan Kabupaten Halmahera Timur. “insyAllah bantuan rehabilitas bangunan UPI ini memberikan dampak positif serta memperkuat posisi produk-produk olahan perikanan yang berasal dari Kabupaten Halmahera Timur.(dkpht_admin)

DKP Haltimkab
166