• HALMAHERA TIMUR, MALUKU UTARA

BBI-AT SUBAIM BUTUH PERBAIKAN

DKPHT.go.id- Kondisi sarana dan prasarana BBI-AT Subaim butuh perbaikan, hal ini disampaikan oleh Kadis DKP Haltim Hadijah Talib, SP., M.Si saat mengunjungi salah satu unsur pelaksana teknis dinas tersebut pada Minggu (28/08/2022).

Dikatakan, saya sudah mengecek sarana dan prasarana BBI-AT, baik pintu pagar, jalan setapak, bangunan kantor, perumahan pegawai, ruang mesin, mesin pakan, serta kolam ikan hampir sebagian besar mengalami kerusakan. “ rata-rata kondisi bangunan yang ada, jendela, plafon, dinding dan atap dalam kondisi rusak. Kondisi yang sama juga terjadi pada kolam ikan yang berjumlah 18 kolam baik besar maupun kecil rata-rata sudah bocor, terutama pada kolam pembesaran yang ada gazebonya kondisinya rusak berat dan ini harus dilakukan perbaikan baik pada kolam maupun gazebonya”.

Lebih lanjut dijelaskan, “semua fasilitas pembudidayaan sudah lengkap, kita punya mesin pakan ikan 2 unit yang berfungsi menggiling dan mencetak pakan. Kolam pemijahan 2 petak  dan kolam pembesaran 16 petak”.

BBI-AT Subaim ini dibangun sejak tahun 2006 sebagai UPTD berdasarkan Perbup No.10 Tahun 2011, yang bertugas melaksanakan penerapan teknik pembenihan dan distribusi benih, uji coba teknologi dan percontohan budidaya ikan, pengembangan teknologi budidaya ikan, pembinaan keterampilan kepada pembudidaya, perbanyakan dan distribusi induk (parent stock), pembuatan pakan ikan, serta pengendalian mutu benih melalui pelaksanaan sertifikasi sistem mutu benih ikan.

Fasilitas yang ada di BBI-AT Subaim selama ini sudah lengkap, akan tetapi tidak didukung dengan tenaga teknis dan oprasional yang memadai, sehingga tidak terawat dengan baik. InsyAllah dalam waktu dekat ini  kami akan mengajukan usulan struktur BBI-AT Subaim ke Bapak Bupati Halmahera Timur, agar BBI-AT memiliki struktur yang baku dan dapat pelaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik, demikian kata Ibu Kadis DKP.(cute)

DKP Haltimkab
120