DKP HALTIM MENERAPKAN ABSENSI PENGENALAN WAJAH

DKP HALTIM MENERAPKAN ABSENSI PENGENALAN WAJAH

DKPHT.go.id- Terhitung mulai hari ini (01/08/2022) Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Halmahera Timur sudah menerapkan sistem absensi pegawai secara digital lewat pengenalan wajah (face recognition). Yang mana untuk terpantau hadir, setiap pegawai harus menatap pada kamera yang tersemat pada mesin absensi. Setiap pegawai DKP Haltim harus masuk kantor tepat waktu yakni pukul. 08.00 WIT dan pulang kantor pukul. 16.00 WIT.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Halmahera Timur Hadijah Talib, SP., M.Si mengatakan penggunaan absensi pengenalan wajah ini dimaksudkan untuk lebih meningkatkan kedisiplinan seluruh Pegawai DKP Haltim agar dapat masuk dan pulang kantor tepat waktu. Apalagi  di tahun 2022 ini Pemda Haltim sudah mengalokasikan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) bagi seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Halmahera Timur. Absensi pengenalan wajah ini kita sudah uji coba sejak awal bulan Juli kemarin dan memang sangat detail, misalnya pegawai yang masuk kantor lewat dari pukul. 08.00 WIT dikategorikan terlambat, bagi pegawai yang masuk kantor di atas pukul. 08.30 WIT itu dikategorikan tidak hadir.

Lebih lanjut kata ibu Yaya panggilan akrab Kadis DKP Haltim, semua pegawai wajib hadir di kantor tepat waktu, ini mesin absensi harus setor muka langsung, tatap di kamera baru bisa terbaca kehadirannya, ini absensi sudah digital. Jadi tidak bisa lagi di wakilkan seperti absensi manual. Mesin absensi ini sudah terkoneksi langsung dengan Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) yang ada di Badan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Haltim, sebab salah satu syarat pembayaran TPP itu adalah kehadiran pegawai tepat waktu di kantor.

Saya pada kesempatan ini juga mengharapkan kepada seluruh pegawai DKP Haltim untuk lebih meningkatkan disiplinnya, menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya dan memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan cepat, tepat waktu, ramah dan setulus hati sebagaimana visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Halmahera Timur ujar ibu Yaya menutup.(dkp/cute)